[email protected] | (021) 2123-0242, (021) 2123-0243
Ikuti kami | Bahasa

Detail Blog

Pertanyaan yang sering ditanyakan: Skrining HIV Mandiri

26 Januari 2024, 4565 kali dilihat Blog

Pertanyaan yang sering ditanyakan 

Skrining HIV Mandiri

 

Oleh: Tim Spiritia, 24 Januari 2024

 

Apa itu skrining HIV mandiri?

Skrining HIV mandiri adalah cara yang akurat dan personal untuk melakukan tes HIV di tempat yang Anda pilih sendiri. Alat skrining HIV mandiri adalah alat yang sama yang dipilih oleh banyak profesional kesehatan di seluruh dunia.

Skrining HIV mandiri (OraQuick®) menggunakan cairan oral untuk memeriksa antibodi terhadap HIV-1 dan HIV-2. Alat skrining ini dapat memberikan hasil dalam sekitar 20 menit, dan jika Anda mengikuti petunjuk dengan cermat, alat skrining ini dapat mendeteksi virus pada lebih dari 99% orang yang terinfeksi HIV. Karena fungsi alat ini adalah untuk melakukan skrining, selalu disarankan untuk melakukan tes kedua di layanan kesehatan untuk mengonfirmasi hasil Anda.

Skrining HIV mandiri seharusnya hanya digunakan untuk melakukan skrining terhadap HIV, dan tidak boleh digunakan untuk tujuan lain. Jika Anda perlu melakukan tes untuk kehamilan atau infeksi menular seksual (IMS) atau infeksi lainnya, silakan hubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda. Mereka dapat membantu Anda melakukan tes.

 

Bagaimana cara kerja tes antibodi HIV?

Alat tes antibodi HIV mendeteksi sel-sel yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respons terhadap infeksi HIV. Ketika HIV memasuki tubuh, tubuh mulai memproduksi antibodi. Khusus untuk HIV, antibodi tersebut tidak dapat melawan infeksi. Namun, keberadaannya dapat digunakan untuk menentukan apakah seseorang memiliki HIV dalam tubuhnya. Sebagian besar tes HIV mendeteksi keberadaan antibodi HIV, bukan virus itu sendiri.

 

Jika HIV tidak dapat ditularkan melalui air liur, mengapa skrining HIV mandiri menggunakan OraQuick® menggunakan cairan oral untuk skrining HIV?

Beberapa studi mengkonfirmasi bahwa penularan HIV tidak terjadi melalui air liur. Alat skrining OraQuick® mendeteksi antibodi yang diproduksi sebagai respons terhadap infeksi HIV, bukan virus itu sendiri.

 

Seberapa akurat pengujian HIV menggunakan cairan oral?

Skrining HIV dengan cairan oral sangat akurat. Dalam studi, OraQuick® HIV Self-Test mendeteksi 100 persen orang yang terinfeksi HIV dan 99,1 persen orang yang tidak terinfeksi HIV.

 

Apa keuntungan dari skrining cepat HIV menggunakan cairan oral?

Skrining cepat HIV yang menggunakan cairan oral aman dan akurat, serta memberikan hasil dengan cepat. Alat ini adalah pilihan yang baik untuk orang yang tidak suka diambil darah melalui suntikan. OraQuick® HIV Self-Test juga memberikan manfaat seperti kemudahan dan privasi.

Skrining HIV mandiri yang menggunakan cairan oral juga lebih aman bagi para pekerja kesehatan. Risiko paparan pada penyakit menular jauh lebih rendah dari cairan oral dibandingkan dengan darah. Kontak dengan cairan oral tidak pernah terbukti menyebabkan penularan (penyebaran) HIV.

 

Kapan sebaiknya saya melakukan tes jika saya merasa terpapar HIV?

OraQuick® HIV Self-Test dapat memberikan hasil yang akurat setelah 3 bulan dari paparan. Sebagian besar orang akan mengembangkan antibodi terhadap HIV dalam periode waktu ini. Sebaiknya lakukan tes pada 3 bulan atau lebih dari risiko paparan terakhir.

Sebanyak tujuh puluh tujuh (97) persen orang mengembangkan antibodi dalam 3 bulan pertama setelah terinfeksi. Dalam kasus yang jarang terjadi, bisa memakan waktu hingga 6 bulan.

Jika perlu melakukan tes yang memberikan lebih cepat, silakan hubungi layanan kesehatan profesional di daerah Anda.

 

Apa yang dapat menyebabkan hasil positif palsu pada tes HIV?

Positif palsu terjadi ketika tes HIV menunjukkan bahwa seseorang memiliki HIV padahal sebenarnya tidak.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan tes HIV positif palsu meliputi:

Jika tes antibodi HIV Anda memiliki hasil positif, sebaiknya lakukan tes kedua di layanan kesehatan untuk mengkonfirmasi hasil tes.

 

Dapatkah saya menggunakan OraQuick® HIV Self-Test pada anak saya?

OraQuick© HIV Self-Test diperuntukkan untuk digunakan oleh individu berusia 12 tahun ke atas. Hindari menggunakan untuk anak di bawah usia 12 tahun. Jika anak Anda berusia kurang dari 12 tahun, dan Anda khawatir bahwa anak Anda memiliki HIV, diskusikan dengan dokter anak Anda untuk melakukan tes di layanan kesehatan.

 

Saya sedang hamil dan/atau menyusui. Bolehkah saya menggunakan tes ini?

Penggunaan OraQuick® HIV Self-Test aman jika Anda sedang hamil dan/atau menyusui.

 

Saya menggunakan kawat gigi. Bolehkah saya tetap menggunakan OraQuick® HIV Self-Test?

Penggunaan OraQuick® HIV Self-Test aman jika Anda menggunakan kawat gigi.

 

Jika saya menggunakan gigi palsu yang menutupi gusi saya, apakah saya masih bisa melakukan tes ini?

Jika Anda menggunakan gigi palsu yang menutupi gusi Anda, ada langkah-langkah yang harus diambil sebelum melakukan tes. Anda harus:

  1. Melepaskan gigi palsu.

  2. Bersihkan gusi.

  3. Tunggu 30 menit.

  4. Lakukan tes sesuai petunjuk.

 

Akankah antibiotik (atau obat-obatan lain yang tidak terkait dengan HIV) memengaruhi hasil tes saya?

Selain penggunaan antiretroviral yang dapat menyebabkan hasil tes negatif palsu di beberapa studi, hingga saat ini, tidak ada bukti bahwa penggunaan antibiotik atau obat dapat memengaruhi hasil tes. Silakan melakukan tes sesuai petunjuk.

 

Saya bersiap-siap untuk melakukan tes dan tidak tahu cara membersihkan gusi saya dengan benar.

Saat Anda melakukan tes OraQuick®, Anda harus membersihkan kedua sisi gusi bagian atas dan kedua sisi gusi bagian bawah. Setiap gusi hanya perlu dibersihkan sekali. Anda harus mengikuti petunjuk tes dengan cermat untuk mendapatkan hasil yang akurat. Jika Anda tidak yakin apakah Anda membersihkan gusi dengan benar, periksa garis di sebelah huruf "C" pada batang tes. Jika garis muncul di sebelah huruf "C" pada batang tes, Anda akan tahu bahwa tes Anda berfungsi dan hasilnya akan akurat. Ini akan terjadi jika Anda telah mengikuti petunjuk dengan cermat dan telah menunggu setidaknya 20 menit setelah menempatkan batang tes dalam tabung tes. Jika Anda tidak melihat garis di sebelah huruf "C," tes tidak berfungsi dengan baik dan Anda perlu menggunakan alat tes baru.

 

Saya membuka tes saya dan tidak ada cairan di dalam tabung. Apa yang harus saya lakukan?

Jika tidak ada cairan di dalam tabung tes ketika Anda membuka paket, paket tersebut cacat. Silakan gunakan alat yang baru dan ikuti dengan cermat semua petunjuk penanganan dan pengujian. Sebelum Anda memulai tes, pastikan Anda memahami cara mengambil sampel, meletakkannya di dalam tabung dalam rentang waktu 20-40 (tidak lebih atau kurang dari rentang waktu tersebut). 

 

Apa yang harus saya lakukan jika saya (atau anak saya, teman, atau pasangan) secara tidak sengaja meminum cairan uji dari tabung tes?

Bahan-bahan dalam cairan uji tersebut tidak mengandung racun (tidak bersifat toksik) dan tidak menimbulkan risiko kesehatan yang diketahui dalam jumlah yang terdapat dalam tabung. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal tidak sengaja menelan sebagian cairan dan Anda merasa khawatir, silakan hubungi dokter Anda.

Jika Anda tidak dapat menyelesaikan tes, harap menggunakan alat yang baru.

 

Apa yang harus saya lakukan jika saya mata saya terpercik cairan dari tabung tes?

Bahan-bahan dalam cairan uji tersebut tidak mengandung racun (bersifat toksik). Jika mata Anda terpercik cairan dari tabung tes, segera bilas mata Anda dengan air.

 

Ada kantong kecil berisi bahan penyerap di dalam kemasan yang berisi batang tes. Apakah saya harus melakukan sesuatu dengan itu?

Kantong kecil di dalam kemasan batang tes dirancang untuk mencegah kelembaban mempengaruhi batang tes selama penyimpanan. Kantong kecil Ini tidak digunakan saat melakukan OraQuick®, dan Anda dapat membuangnya di tempat sampah biasa.

 

Saya secara tidak sengaja mengeluarkan batang tes (atau alat tersebut terjatuh) dari tabung lebih awal (sebelum 20 menit). Apakah hasilnya akan valid?

Jika Anda mengeluarkan batang tes, atau alat tersebut terjatuh setelah Anda meletakkannya di dalam tabung tes, hasil tes tidak valid. Batang tes harus tetap di dalam tabung tes selama setidaknya 20 menit sesuai petunjuk. Sebaiknya gunakan alat yang baru. 

Anda dapat membuang alat tersebut ke dalam sampah umum; tidak diperlukan tindakan tambahan.

 

Saya meninggalkan batang tes di dalam tabung selama lebih dari 40 menit. Apakah hasilnya akan akurat?

Jika Anda membaca hasil tes lebih dari 40 menit setelah batang tes ditempatkan di dalam tabung, hasil tes tersebut tidak valid. 

Anda dapat membuang tes tersebut ke dalam sampah umum; tidak diperlukan tindakan tambahan.

Mohon ulangi prosedur pengujian OraQuick® dengan alat yang baru dan ikuti dengan cermat semua petunjuk penanganan dan pengujian. Harap baca petunjuk sebelum Anda memulai tes dan pastikan Anda memahami cara mengambil sampel, meletakkan batang tes dalam tabung selama tidak kurang dari 20 menit dan tidak lebih dari 40 menit sebelum Anda membaca hasil tes.

 

Apa yang seharusnya saya lakukan dengan bahan-bahan setelah melakukan tes?

Anda dapat membuang tes tersebut ke dalam sampah umum; tidak diperlukan tindakan tambahan.

 

Apa arti huruf "C" dan "T" pada menu batang tes?

Huruf "C" pada batang tes merupakan singkatan dari "control" atau "kontrol". Sebuah garis seharusnya muncul di sebelah huruf "C" jika Anda telah mengikuti petunjuk dengan cermat dan telah menunggu selama 20 menit setelah menempatkan batang tes Anda dalam tabung tes. Garis ini menandakan bahwa tes Anda berfungsi. Jika TIDAK ada garis yang muncul di sebelah huruf "C," itu berarti tes Anda tidak berfungsi dan Anda perlu menggunakan alat yang baru.

Huruf "T" pada batang tes merupakan singkatan dari "test" atau "tes". Sebuah garis di sebelah huruf "T," meskipun garis tersebut samar, dan sebuah garis di sebelah huruf "C," berarti bahwa Anda memiliki hasil tes positif dan mungkin terinfeksi HIV. Anda memerlukan tes konfirmasi. Sebuah garis "T," meskipun garis tersebut samar, dan tanpa garis "C" berarti tes tidak berfungsi dan Anda perlu menggunakan alat yang baru.

Jika Anda mendapatkan hasil positif, Anda memerlukan tes lanjutan untuk mengonfirmasi hasil tes Anda. Silakan kunjungi dokter atau Puskesmas lokal di daerah Anda untuk mendapatkan tes lanjutan. 

 

Ketika saya membaca hasil tes saya, tidak ada tanda atau warna apa pun pada batang tes. Apa artinya ini?

Jika batang tes tidak memiliki garis sama sekali ketika Anda membaca hasil tes, maka tes Anda tidak berhasil. Oleh karena itu, jangan anggap hasil yang Anda dapatkan sebagai indikasi yang valid tentang status HIV Anda.

Anda dapat membuang tes tersebut ke dalam sampah umum; tidak diperlukan tindakan tambahan.

Mohon ulangi prosedur pengujian OraQuick® dengan alat yang baru dan ikuti dengan cermat semua petunjuk penanganan dan pengujian. Harap baca petunjuk sebelum Anda memulai tes dan pastikan Anda memahami cara mengambil sampel, meletakkannya dalam vial selama 20-40 menit (tidak lebih atau kurang) sebelum Anda membaca hasil tes.

 

Tes saya tidak memiliki garis di "C" tetapi memiliki garis di "T". Apa artinya ini?

Jika tes Anda memiliki garis di sebelah huruf "T," tetapi tidak ada garis di sebelah huruf "C," ini berarti tes Anda tidak berhasil. Agar tes dapat berfungsi, sebuah garis HARUS muncul di area yang ditandai "C." Oleh karena itu, jangan anggap hasil yang Anda dapatkan sebagai indikasi yang valid tentang status HIV Anda.

Anda dapat membuang tes tersebut ke dalam sampah umum; tidak diperlukan tindakan ekstra.

 

Tes saya memiliki garis di "C" dan garis yang sangat samar di "T". Apa artinya ini?

Setiap garis di sebelah huruf "T" pada batang tes, tanpa memandang warna atau bayangan, berarti Anda memiliki hasil tes positif. Anda memerlukan tes kedua untuk mengonfirmasi hasil tes Anda. Silakan berkonsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan tes lanjutan di layanan kesehatan. Sampai hasil tes Anda dikonfirmasi, harap ambil langkah-langkah pencegahan HIV. 

 

Hasil tes saya positif. Bisakah seseorang tertular HIV melalui sentuhan, menjilat, atau kontak lain dengan air liur pada batang tes, atau tabung/ cairan uji?

Para ilmuwan dan ahli medis setuju bahwa HIV tidak bertahan dengan baik di luar tubuh. Ini berarti bahwa risiko penularan lingkungan sangat rendah. Oleh karena itu, jika seseorang memiliki kontak langsung dengan batang tes Anda, risiko penularan HIV sangat kecil. Kontak dengan air liur belum pernah terbukti menyebabkan penularan HIV. Karena hasil tes Anda positif, Anda memerlukan tes kedua untuk mengonfirmasi status HIV Anda. Silakan berkonsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan tes lanjutan di lingkungan medis. Dokter, klinik, Puskesmas atau petugas profesional kesehatan harus mengonfirmasi hasil OraQuick® HIV Self-Test Anda. Sampai hasil Anda dikonfirmasi, pastikan untuk mengambil tindakan pencegahan HIV. Khususnya, Anda sebaiknya menghindari semua aktivitas seksual sampai Anda mengetahui status HIV Anda. Anda dapat membuang tes tersebut ke dalam sampah umum; tidak diperlukan tindakan tambahan.

 

Artikel asli: https://global.oraquick.com/faq