info@spiritia.or.id | (021) 2123-0242, (021) 2123-0243
Ikuti kami | Bahasa

Detail Blog

APA SIH PENCEGAHAN POSITIF ITU?

16 September 2021, 1515 kali dilihat Blog

Ada yang belum tau tentang Pencegahan Positif itu apa? Atau mungkin pernah mendengar istilah tersebut tapi belum paham maksud dari Pencegahan Positif?

Jadi, konteks arti Pencegahan Positif disini bukan berarti mencegah orang yang belum terinfeksi HIV supaya tidak terinfeksi HIV. Melainkan konteks Pencegahan Positif disini lebih berfokus ke teman teman ODHA ( Orang Dengan HIV AIDS ), supaya bagaimana seorang ODHA bisa menerapkan tindakan pencegahan, seperti pencegahan agar tidak menularkan HIV ke orang lain, pencegahan supaya ODHA tidak terinfeksi HIV jenis lain maupun infeksi lainnya dari orang lain, dan meningkatkan kualitas hidup ODHA itu sendiri.

Sebetulnya arti pemahaman Pencegahan Positif itu sendiri masih berbeda – beda tergantung wilayah, profesi dan komunitasnya. Ada yang memahami Pencegahan Positif sebagai hubungan antara tes HIV maupun tes IMS dengan pencegahan infeksi terutama infeksi oportunistik, penggunaan kondom dan membuka status HIV kepada pasangan tetapnya, hubungan antara tes HIV dengan akses terapi ARV, kepatuhan obat, perubahan perilaku yang aman, pola hidup sehat dan pencegahan infeksi HIV baru. Namun meskipun pemahaman beberapa pihak mungkin berbeda, inti dari pemahaman Pencegahan Positif itu sendiri menyatukan antara pencegahan, pengobatan, dukungan dan perawatan agar kesehatan dan kualitas hidup ODHA menjadi lebih baik.

Di dalam Pencegahan Positif, terdapat tiga pilar atau tiga pedoman dalam pelaksanaannya, yaitu :

Pencegahan Positif menjadi penting karena mempunyai manfaat seperti :

Dalam menjalani Pencegahan Positif ini pun banyak tantangan yang perlu dihadapi, seperti halnya :

Jadi kurang lebih seperti itu sekilas informasi terkait Pencegahan Positif. Karena masih banyaknya pemahaman yang berbeda, inti dari Pencegahan Positif masih di dalam lingkup PDP ( Perawatan Dukungan dan Pengobatan ).

Penulis - Azis Putra