Nama Spiritia

Baru saja tahu terinfeksi HIV? Klik di sini...

Versi telepon genggam

Pasien dengan akses ke rekam medis memiliki banyak manfaat kesehatan Logo Acrobat Unduh versi PDF
Oleh: Tim Horn Tgl. laporan: 2 Oktober 2012

“Sebagian besar” pasien yang memiliki akses online ke catatan medis mereka “melaporkan peningkatan rasa kendali, pemahaman yang lebih besar dari masalah medis mereka, perbaikan mengingat rencana perawatan mereka, dan perencanaan kunjungan yang lebih baik,” menurut sebuah studi informal yang dilakukan oleh para dokter di tiga pusat layanan kesehatan di AS dilaporkan dalam Annals of Internal Medicine edisi 2 Oktober 2012.

Pasien antusias mengenai akses yang terbuka ke catatan penyedia layanan; sebagian besar mereka yang menyelesaikan survei merekomendasikan bahwa transparansi ini dapat terus berlanjut. Secara keseluruhan, sebagian besar dari mereka yang berpartisipasi dalam studi membuka beberapa atau semua catatan medis mereka, dan hampir 90% percaya bahwa catatan medis terbuka akan memengaruhi keputusan mereka untuk mencari perawatan di masa depan.

Rekam Medis Digital

Analisis penelitian ini termasuk 105 penyedia layanan kesehatan primer di tiga rumah sakit besar – Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC) di Massachusetts, Geisenger Health System (GHS) di Pennsylvania dan Harborview Medical Center (HMC) di Washington – dan melibatkan program satu tahun penuh yang menyediakan tautan rekam medis elektronik kepada 13,000 pasien melalui portal web OpenNotes. Program yang sedang berjalan ini dipelopori oleh Tom Delbanco, MD, dan Jane Walker, RN, MBA, keduanya berafiliasi dengan Harvard Medical School dan BIDMC.

Penelitian ini tidak secara khusus mendaftar orang yang hidup dengan HIV, hepatitis virus atau penyakit tertentu lainnya yang menerima perawatan primer melalui jaringan.

Sekitar 86% pasien dengan catatan kunjungan yang tersedia membuka setidaknya satu catatan: 84% di BIDMC, 92% di GHS, dan 47% di HMC.

Dari 5391 pasien yang membuka setidaknya satu catatan medis dan menyelesaikan survei tindak lanjut, 77%-87%melaporkan bahwa akses ke catatan kunjungan mereka membantu membuat mereka memiliki kendali terhadap perawatan mereka. Sebagai contoh, 60%-78% dari mereka yang menggunakan obat melaporkan peningkatan kepatuhan.

“Peningkatan kepatuhan pengobatan telah lama menjadi batu sandungan besar dalam praktek medis, dan meningkatkan biaya tambahan,” para peneliti mencatat. “Kami bersemangat untuk melihat bahwa lebih dari separuh pasien yang menerima pengobatan melaporkan peningkatan kepatuhan, konsisten dengan temuan mengenai kepatuhan umum dari studi label terbuka lainnya.”

Laporan ini menambahkan, manfaat ini dicapai dengan dampak yang jauh lebih sedikit pada kehidupan penyedia layanan kesehatan dibandingkan dengan yang telah diantisipasi. Hanya sedikit penyedia layanan kesehatan yang membutuhkan pertemuan yang lebih lama, memerlukan lebih banyak waktu kunjungan, atau menjawab lebih banyak pertanyaan dari kunjungan, dan tidak ada yang memilih untuk menghentikan catatan yang terbuka ini pada akhir tahun intervensi.

Para peneliti mengutip satu komentar dokter: “Ketakutan kami: Catatan yang lebih panjang, lebih banyak pertanyaan, dan pertanyaan dari pasien. Pada kenyataannya, ini bukan masalah yang besar.”

Namun, laporan ini mencatat bahwa 26%-36% dari pasien yang disurvei memiliki keprihatinan terhadap privasi dan 1%-8% melaporkan bahwa catatan dokter menyebabkan kebingungan, kekhawatiran atau pelanggaran.

Melihat ke depan, 59%-62% dari pasien percaya bahwa mereka harus dapat menambahkan catatan kepada catatan pemberi layanan kesehatan; satu dari tiga dokter yang berpartisipasi dalam studi setuju. Sekitar sepertiga dari pasien percaya bahwa mereka harus menyetujui isi catatan, namun 85%-96% dokter tidak setuju.

Pada akhir periode eksperimental, 99% pasien ingin terus melanjutkan catatan terbuka dan tidak ada penyedia layanan kesehatan yang memilih untuk berhenti.

Para peneliti menyimpulkan “sebagai tanggapan terhadap intervensi relatif sederhana, pasien dalam uji coba skala besar melaporkan manfaat yang mencolok dan memberikan mandat yang jelas untuk melanjutkan catatan medis terbuka ini. Para dokter mengalami sedikit masalah, dan kami berharap bahwa masalah yang ada dapat diatasi dengan analisis, pendidikan, dan eksperimen yang lebih lanjut.”

Artikel asli: Many Health Benefits for Patients with Access to Their Medical Records

Edit terakhir: 23 Oktober 2012