Nama Spiritia

Baru saja tahu terinfeksi HIV? Klik di sini...

Versi telepon genggam

Tes viral load HIV yang dapat dilakukan sendiri Logo Acrobat Unduh versi PDF
Oleh: The Kaiser Daily HIV/AIDS Report Tgl. laporan: 7 Mei 2009

Para ilmuwan di Inggris telah menerima hibah sejumlah dua juta Euro, atau kurang lebih 2,67 juta dolar AS, untuk mengembangkan sistem agar Odha dapat memantau dirinya sendiri, dengan mengukur viral load contoh darah yang diambil dari jari. Sensor alat, yang itu disebut mikrokantil, dilapisi dengan zat kimia yang akan menempel pada HIV dan protein lain, yang merupakan tanda yang terkait dengan pengembangan penyakit. Para peneliti berharap alat yang dipegang itu dapat mengingatkan penggunanya tentang peningkatan viral load dan menunjukkan peringatan apabila mereka perlu mengunjungi dokter.

Anna-Maria Goretti, konsultan dan rekan peneliti dari National Health Service di Royal Free Hospital, mengatakan bahwa alat itu akan “memberdayakan pasien HIV agar mengawasi kesehatan dan pengobatan mereka secara cermat.” Dia menambahkan bahwa alat itu memungkinkan pengguna untuk tidak mengunjungi dokter secara rutin, atau setiap tiga bulan, dan hanya ke dokter apabila ada perubahan pada kesehatannya. Para peneliti mengatakan pemantauan sendiri dapat mengurangi kunjungan ke dokter dan terbukti bermanfaat di negara berkembang yang membutuhkan layanan HIV/AIDS yang dapat diakses.

Proyek selama tiga tahun untuk mengembangkan alat itu melibatkan kerja sama di antara para peneliti dari University College London, London Centre for Nanotechnology, Imperial College London, Cambridge Medical Innovations, Sphere Medical dan Bio Nano Consulting. Lisa Power dari Terrence Higgins Trust (THT) mengatakan, “Itu tentu merupakan gagasan yang sangat baik,” menambahkan bahwa walaupun alat itu tidak akan “menggantikan pendapat ahli, alat itu mengurangi ketergantungan pasien pada dokter.”

Artikel asli: Scientists Receive Grant To Develop Hand-Held Self-Monitoring Test for HIV Viral Loads

Edit terakhir: 4 Juni 2009