Nama Spiritia

Baru saja tahu terinfeksi HIV? Klik di sini...

Versi telepon genggam

Suplemen gizi dapat meningkatan hasil pengobatan TB Logo Acrobat Unduh versi PDF
Oleh: GlobalHealthReporting.org Tgl. laporan: 13 Juni 2008

Suplemen gizi – termasuk zat selenium dan vitamin A, B kompleks, C dan E – dapat meningkatan hasil pengobatan pada orang yang memakai obat tuberkulosis (TB). Hal ini berdasarkan penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam Journal of Infectious Diseases.

Eduardo Villamor dari Harvard School of Public Health dan rekan berpendapat bahwa suplemen gizi dapat mengurangi risiko komplikasi penyakit dan kematian pada orang yang diobati untuk TB. Para peneliti melakukan penelitian pada 887 orang di Dar es Salaam, Tanzania.

Para peneliti menemukan bahwa penggunaan suplemen gizi dikaitkan dengan sedikit penurunan risiko kegagalan pengobatan TB. Suplemen gizi juga dikaitkan dengan 45% penurunan kambuhnya penyakit setelah pengobatan selesai secara berhasil. Dampak ini lebih kuat pada relawan yang HIV-positif, menurut para peneliti. Sebagai tambahan, suplemen gizi ditemukan mengurangi risiko komplikasi TB di luar paru. Pada relawan yang HIV-negatif, suplemen gizi ditemukanmemiliki dampak yang bermanfaat pada sistem kekebalan.

Menurut para peneliti, suplemen gizi tidak memiliki dampak pada tingkat kematian atau pengembangan HIV/AIDS. Villamor mengatakan, “Status gizi adalah prediktor yang sangat penting terhadap hasil klinis pasien dengan infeksi. “Dia menambahkan bahwa temuan “dari penelitian tunggal biasanya tidak cukup untuk menyediakan usulan secara umum” tetapi bahwa “intervensi yang relatif murah ini memang tampak memberi harapan untuk meningkatkan hasil pasien yang menerima pengobatan TB”. Dalam tajuk rencana terkait dalam Journal of Infectious Diseases, Christine Stabell Benn dari Statens Serum Institut dan rekan menulis, “Kami berpendapat bahwa temuan ini menunjukkan dampak yang sesungguhnya dan bahwa pemberian suplemen gizi mungkin merupakan tambahan terapi yang penting untuk pasien dengan TB.”

Ringkasan: Nutrient Supplements Can Improve TB Treatment Outcomes, Study Says

Sumber: The Journal of Infectious Diseases 2008;197:1499–1505

Edit terakhir: 11 Juli 2008