Nama Spiritia

Baru saja tahu terinfeksi HIV? Klik di sini...

Versi telepon genggam

Mengindahkan nasihat yang sudah tidak asing lagi dapat memperpanjang hidup beberapa tahun Logo Acrobat Unduh versi PDF
Oleh: Nicholas Bakalar, The New York Times Tgl. laporan: 22 Januari 2008

Nasihat yang sudah tidak asing terdengar: hindari merokok, berolahraga, makan sayur dan buah, boleh minum alkohol tetapi jangan berlebihan. Para peneliti kini sudah menghitung secara tepat berapa tahun hidup kita dapat diperpanjang karena kebiasaan ini.

Sebuah penelitian selama 11 tahun yang diterbitkan dalam jurnal PLoS Medicine edisi 8 Januari 2008, mulai mewawancarai lebih dari 25.000 laki-laki dan perempuan berusia 45 hingga 79 tahun di Norfolk, Inggris. Para peneliti mengumpulkan informasi tentang kesehatan dan penyakit, merokok, minum minuman beralkohol, dan kegiatan fisik baik saat bekerja atau santai. Peserta juga menjalani pemeriksaan fisik dan tes darah untuk menentukan tingkat vitamin C sebagai bukti telah mengkonsumsi buah dan sayuran.

Dengan data ini, para peneliti membentuk skala sederhana dari nol sampai empat yang menunjukkan jumlah dari keempat perilaku tersebut yang menjadi kebiasaan orang tersebut – masing-masing satu angka untuk tidak merokok, berolahraga, minum alkohol secara wajar serta konsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang tepat.

Kecenderungan ini tidak salah: setiap tambahan satu perilaku positif, orang bertahan hidup lebih lama. Mereka yang memiliki skor empat mempunyai kurang lebih satu dari empat risiko meninggal dibandingkan mereka yang memiliki skor nol – setara dengan tambahan hidup 14 tahun. Kecenderungan ini paling kuat terhadap penyakit kardiovaskular dan kanker, tetapi juga bermakna terhadap penyebab lain.

“Kami tidak berbicara tentang perilaku yang berlebihan,” dikatakan oleh Dr. Kay-Tee Khaw, pemimpin penulis dan profesor gerontologi di Universitas Cambridge, Inggris “tetapi perilaku mudah yang dapat dicapai oleh kebanyakan orang.”

Ringkasan: Outcomes: Heeding Familiar Advice May Add Years to Your Life

Sumber: Combined Impact of Health Behaviours and Mortality in Men and Women: The EPIC-Norfolk Prospective Population Study Khaw KT, Wareham N, Bingham S, Welch A, Luben R, et al. PLoS Medicine Vol. 5, No. 1, e12 doi:10.1371/journal.pmed.0050012

Edit terakhir: 18 Februari 2008