Nama Spiritia

Baru saja tahu terinfeksi HIV? Klik di sini...

Versi telepon genggam

Orang dengan viral load HIV sedang lebih mungkin menularkan virus Logo Acrobat Unduh versi PDF
Oleh: The Kaiser Daily HIV/AIDS Report Tgl. laporan: 24 Oktober 2007

Orang dengan viral load HIV tingkat sedang lebih mungkin menularkan virus pada sejumlah orang yang lebih besar dibandingkan mereka yang dengan viral load tinggi. Hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Pemimpin penelitian Christophe Fraser dari Imperial College London, Inggris dan rekan menilai beberapa kelompok orang HIV-positif di Afrika, Eropa dan AS. Mereka juga menganalisis hasil penelitian yang sudah diterbitkan sebelumnya dari Eropa dan Afrika yang menilai viral load, daya menular dan mortalitas.

Para peneliti berfokus pada orang dengan jumlah viral load sedang karena orang tersebut mungkin tidak menunjukkan gejala atau berkembang menjadi AIDS untuk selama tujuh hingga delapan tahun. Fraser mengatakan orang dengan jumlah viral load tinggi umumnya berkembang menjadi AIDS dalam jangka waktu yang singkat – kurang lebih dua hingga tiga tahun. Sebagai tambahan, menurut para peneliti, walaupun orang dengan viral load paling tinggi adalah yang paling menular, mereka hanya mempunyai sedikit waktu untuk menularkan virus pada orang lain. “Yang mengejutkan adalah orang dengan viral load tinggi sesungguhnya lebih sedikit menularkan karena mereka lebih cepat menjadi AIDS,” Fraser mengatakan.

Para peneliti mengatakan, orang dengan jumlah viral load sedang juga adalah kelompok yang terbesar, dan paling umum yang tidak mendapat akses pada pengobatan. Oleh karena itu mereka cenderung berperan lebih besar terhadap penyebaran HIV.

Reaksi

Fraser mengatakan temuan ini memberi kesan bahwa membidik orang dengan viral load HIV tertinggi mungkin bukan pendekatan yang efektif untuk memerangi penyebaran virus ini. Temuan ini juga memberi kesan bahwa HIV sudah menyesuaikan diri untuk mencapai keseimbangan optimum antara daya tular dan yang paling mematikan untuk meningkatkan kesempatan penyebarannya, Fraser mengatakan. “Kita sekarang ingin melihat apakah virus sudah menyesuaikan diri untuk memungkinkannya menulari sebanyak-banyaknya orang, yang tampaknya masuk akal apabila melihat hasil penelitian kami” Fraser mengatakan, menambahkan “Walau masih terlalu dini untuk menyatakan kekhawatiran ini, lebih banyak penelitian untuk mendukung atau menolak teori ini sangat dibutuhkan.”

Ringkasan: People With Moderate HIV Viral Loads More Likely To Transmit Virus, Study Says

Abstrak: Variation in HIV-1 set-point viral load: Epidemiological analysis and an evolutionary hypothesis

Edit terakhir: 24 November 2007