Nama Spiritia

Baru saja tahu terinfeksi HIV? Klik di sini...

Versi telepon genggam

Lembaran Informasi 671 Diperbarui 16 Mei 2013
Tes Laboratorium Hepatitis C Logo Acrobat Unduh versi PDF

Beberapa tes laboratorium (darah) dipakai terkait hepatitis C (HCV). Tes ini termasuk tes fungsi hati, viral load HCV, tes genotipe, tes genetik IL28B, dan tes pembekuan darah.

Tes Fungsi Hati

Tes laboratorium yang disebut “tes fungsi hati” tidak mengukur bagaimana hati berfungsi. Sebaliknya, tes tersebut mengukur tingkat enzim yang ditemukan di jantung, hati, dan otot. Enzim adalah protein yang terkait dengan reaksi kimia dalam organisme hidup. Lihat Lembaran Informasi (LI) 135 untuk informasi lebih lanjut mengenai tes fungsi hati.

Tingkat enzim yang tinggi dapat menunjukkan kerusakan pada hati yang disebabkan oleh obat, asupan alkohol yang berat, hepatitis virus, asap beracun atau penggunaan narkoba. Hasil tes enzim hati dapat sulit ditafsirkan. Orang dengan kerusakan hati yang berat kadang kala memiliki tingkat enzim hati yang normal.

Pola yang berbeda dari enzim ini – ketika ada yang tinggi dan yang lain tetap normal – adalah bagian dari informasi yang dipakai oleh dokter memakai untuk memantau kesehatan hati.

Tes fungsi hati termasuk:

Tes Viral Load

Tes viral load HCV menghitung berapa banyak bibit virus hepatitis C (HCV) dalam darah. Tes ini mirip dengan tes viral load HIV (lihat LI 125) tetapi ada beberapa perbedaan penting:

Tes Genotipe HCV

Ada lebih dari enam tipe HCV, yang diidentifikasi oleh nomor. Ada juga subtipe, yang diidentifikasi oleh huruf. Contohnya, ada genotipe 1a dan 1b. Genotipe HCV ditentukan dengan menganalisis contoh darah untuk mengetahui kode genetik virus. Tipe HCV yang paling umum di Amerika Utara adalah genotipe 1, jauh lebih lazim daripada genotipe 2 dan 3. Tampaknya keadaan genotipe juga mirip di Indonesia.

Genotipe dan subtipe HCV memberikan informasi yang penting pada dokter untuk memilih pengobatan. Misalnya, genotipe 2 dan 3 paling mudah diobati dengan interferon.

Tes Genetik IL28B

Para peneliti baru-baru ini menemukan hubungan antara kode genetik pasien dan tanggapannya terhadap pengobatan yang baku. Kode genetik dari sekelompok besar pasien dengan HCV genotipe 1 dianalisis. Pasien dengan jenis gen IL28B yang tertentu lebih dari dua kali lebih mungkin menanggapi pengobatan HCV baku dengan interferon dan ribavirin secara baik. Tes IL28B mungkin akan menjadi alat penting untuk memandu pengobatan HCV.

Tes Pembekuan Darah

Beberapa tes mungkin akan dipakai jika kita akan melakukan biopsi hati (lihat LI 672.) Dengan biopsi, ada risiko perdarahan. Tes pembekuan darah mengukur seberapa cepat darah membentuk pembekuan, yang menghentikan perdarahan. Nilai abnormal pada tes ini mungkin menandakan penyakit hati lanjut.

Ditinjau 16 Mei 2013 berdasarkan FS 671 The AIDS InfoNet 24 Januari 2013