Nama Spiritia

Baru saja tahu terinfeksi HIV? Klik di sini...

Versi telepon genggam

Lembaran Informasi 640 Diperbarui 1 Agustus 2010

Megestrol (Megace)

Logo Acrobat Unduh versi PDF

Apa Megestrol Itu?

Megestrol asetat adalah obat yang pada awal dipakai untuk mengobati gejala kanker. Sekarang ada versi berbentuk cairan yang juga dipakai untuk meningkatkan nafsu makan, agar menambah berat badan untuk orang dengan HIV (Odha). Obat ini dibuat dan dipasarkan sebagai Megace oleh Bristol-Myers Squibb.

Megestrol adalah bahan sintetis (buatan manusia) yang meniru progesteron, yaitu kelenjar yang merangsang atau menghambat kegiatan jaringan atau sel')" onmouseout="hideddrivetip()">hormon seks perempuan. Tidak diketahui bagaimana megestrol meningkatkan nafsu makan.

Saat ini ada versi baru, yaitu Megace ES, yang lebih mudah dipakai dan lebih cepat diserap oleh tubuh.

Mengapa Odha Memakai Megestrol?

Kehilangan berat badan adalah masalah yang sering dialami oleh Odha. Gejala ini mempunyai banyak penyebab yang mungkin (lihat Lembaran Informasi (LI) 518 untuk informasi lebih lanjut). Hal ini dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh sudah rusak atau melemah')" onmouseout="hideddrivetip()">infeksi oportunistik yang mengganggu kemampuan sistem pencernaan untuk menyerap makanan. Kehilangan berat badan juga dapat disebabkan kekurangan makan – makanan tidak cukup akibat kehilangan nafsu makan atau tidak dapat tahan makanan karena mual atau muntah. Masalah mulut dan tenggorokan, misalnya Kandida, umumnya Candida albicans')" onmouseout="hideddrivetip()">kandidiasis, juga dapat mengakibatkannya. Ada juga masalah yang disebut wasting, yang belum begitu dipahami oleh ilmuwan, yang mengakibatkan kehilangan massa otot yang tidak berlemak. Akhirnya, kehilangan berat badan dapat disebabkan diare kronis. Adalah penting, jika mungkin, untuk mendiagnosis dan mengobati penyebab kehilangan berat badan yang tidak sengaja, sekaligus menangani gejalanya.

Bagaimana Megestrol Dipakai?

Untuk mengobati kehilangan berat badan, dosis biasa adalah 800mg (20mL) per hari pada awal, kemudian dapat dikurangi menjadi 400mg (10mL) per hari. Dosis untuk versi Megace ES adalah 5mL. Odha yang memakai megestrol untuk menambah berat badan sebaiknya terus memakainya hingga mencapai berat badan yang diharapkan. Setelah itu, penggunaan dapat dihentikan sehingga dibutuhkan lagi, jika terjadi.

Megestrol sebaiknya dipakai baru setelah semua penyebab kehilangan berat badan lain yang dapat diobati, misalnya infeksi oportunistik pada perut atau usus atau gizi yang buruk, telah disingkirkan atau ditangani. Obat ini tidak berguna untuk mencegah kehilangan berat badan sebelum terjadi, karena terbukti tidak efektif jika dipakai begitu.

Megestrol terutama menambah berat badan berbentuk lemak. Penggunaan megestrol dapat berhasil menambah 0,5kg per minggu dengan tambahan berat badan total rata-rata 4kg. Manfaat dari penambahan macam ini belum jelas. Sebaiknya ini tergabung dengan menambah berat otot, mungkin dengan olahraga yang teratur.

Setelah kita berhenti memakai megestrol, kortikosteroid (mis. hidrokortison) mungkin dibutuhkan kalau kita mengalami stres atau trauma, pembedahan besar atau infeksi berat.

Apa vaksin) yang tidak diharapkan. Istilah ini biasanya berhubungan dengan dampak buruk seperti sakit kepala, ruam, atau kerusakan hati')" onmouseout="hideddrivetip()">Efek Samping Megestrol?

Walaupun kadang kala pengguna megestrol melaporkan diare, gas dalam perut, gatal-gatal, dan beberapa masalah lain, sulit dipisahkan gejala ini dari gejala kehilangan berat badan lain. Megestrol juga dapat menyebabkan kekurangan testosteron pada laki-laki. Ini dapat mengakibatkan kelelahan dan beberapa masalah lain, termasuk kehilangan berat badan lagi.

Megestrol adalah obat hormon yang dapat mempengaruhi laki-laki dan perempuan secara berbeda. Perempuan dapat mengalami perubahan pada haidnya, termasuk perdarahan yang tidak teratur. Laki-laki dapat mengalami kemandulan (disfungsi ereksi).

Megestrol sebaiknya tidak dipakai oleh perempuan hamil, karena obat ini dapat menyebabkan bayinya cacat lahir. Oleh karena itu, perempuan yang memakai megestrol diusulkan memakai KB yang efektif. Lagi pula, megestrol sebaiknya tidak dipakai oleh ibu yang menyusui.

Beberapa kasus kekurangan hormon adrenalin dicatat pada pengguna megestrol atau saat berhenti memakainya. Pengguna harus diingatkan untuk melapor ke dokter bila mengalami gejala dan/atau tanda yang memberi kesan tingkat adrenalin yang rendah (mis. tekanan darah yang rendah, mual, muntah, pusing atau kelelahan).

Bagaimana Megestrol Berinteraksi dengan Obat Lain?

Megestrol dapat mengganggu efek bromokriptin, jadi kedua obat ini sebaiknya tidak dipakai sekaligus. Rifampisin (yang dipakai untuk TB) dapat mengurangi tingkat megestrol dalam tubuh, dan mungkin mengurangi dampaknya. Pastikan dokter tahu mengenai SEMUA obat, suplemen dan jamu yang kita pakai. Juga bila kita mengalami masalah darurat (mis. kecelakaan, atau harus mencabut gigi), sebaiknya kita memberi tahu dokter/dokter gigi bila kita baru saja berhenti memakai megestrol.

Garis Dasar

Megestrol adalah obat untuk menambah berat badan pada Odha yang mengalami penurunan berat badan. Walaupun obat ini dapat dipakai secara berhasil untuk mengobati gejala kehilangan berat badan tanpa menghiraukan penyebabnya, terapi yang paling efektif adalah dengan melibatkan pengobatan terhadap masalah yang mendasari, bukan hanya gejalanya.

Megestrol hanya menambah lemak, bukan massa otot. Karena itu, sebaiknya penggunaannya disertai dengan olahraga.

Karena megestrol ditunjuk mengurangi tingkat testosteron, orang yang memakai obat ini sebaiknya memantau tingkat hormon tersebut, dan memakai terapi untuk menambahnya jika perlu.

Diperbarui 1 Agustus 2010 berdasarkan The HIV Drug Book, yang diterbitkan Project Inform 1998, dan beberapa sumber lain.