Nama Spiritia

Baru saja tahu terinfeksi HIV? Klik di sini...

Versi telepon genggam

Lembaran Informasi 555 Diperbarui 7 Februari 2014

Neuropati Perifer

Logo Acrobat Unduh versi PDF

Apa Neuropati Perifer Itu?

Neuropati perifer (peripheral neuropathy/PN) adalah penyakit pada saraf perifer. Saraf tersebut adalah semua saraf selain yang ada di otak dan urat saraf tulang belakang (perifer berarti jauh dari pusat).

Kurang lebih 30% Odha mengalami PN. Sebagian PN diakibatkan kerusakan pada sumbu serabut saraf (akson), yang mengirimkan perasaan pada otak. Kadang kala, PN disebabkan kerusakan pada selubung serabut saraf (mielin). Ini berpengaruh pada isyarat nyeri (sakit) yang dikirim ke otak.

PN dapat menjadi gangguan ringan atau kelemahan yang melumpuhkan. PN biasanya dirasakan sebagai kesemutan, pegal, mati rasa atau rasa seperti terbakar pada kaki dan jari kaki, tetapi juga dapat dialami pada tangan dan jari. Juga dapat dirasa dikitik-kitik, nyeri tanpa alasan, atau rasa yang tampaknya lebih hebat daripada biasa. Gejala PN dapat bersifat sementara: kadang sangat sakit, terus tiba-tiba hilang. PN berat dapat mengganggu waktu berjalan kaki atau berdiri.

Apa Penyebab PN?

PN dapat disebabkan oleh infeksi HIV pada sel saraf, oleh obat yang dipakai untuk mengobati HIV atau masalah kesehatan lain, atau oleh penyebab lain. Faktor risiko untuk PN termasuk viral load HIV yang tinggi, diabetes, usia di atas 50 tahun, dan penggunaan alkohol yang berlebihan. Faktor risiko lain termasuk penggunaan kokain atau amfetamin, pengobatan untuk kanker, penyakit tiroid, atau kekurangan vitamin B12 atau vitamin E. Sebuah penelitian pada 2009 menemukan bahwa orang Hispanik mungkin mengalami PN dengan angka yang lebih tinggi. Para peneliti mengusulkan penelitian lebih lanjut. Tidak diketahui apabila orang Asia lebih rentan terhadap PN.

Beberapa obat antiretroviral (ARV) dapat menyebabkan PN. Yang paling penting adalah yang disebut obat “d”: ddI dan d4T. Hidroksiurea, yang dahulu kadang-kadang digabung dengan ARV, meningkatkan risiko PN.

AZT, abacavir, NNRTI, dan protease inhibitor tampaknya tidak menyebabkan PN.

Bagaimana PN Didiagnosis?

Tidak perlu tes laboratorium untuk diagnosis PN: tanda dan gejalanya cukup. Tes khusus mungkin diperlukan untuk mengetahui penyebab PN. Tes ini mengukur arus listrik yang sangat lemah dalam saraf dan otot. Jumlah dan kecepatan isyarat listrik ini menurun pada jenis PN yang berbeda. Namun banyak pasien dengan PN tidak terdiagnosis secara benar.

Bagaimana PN Diobati?

Bicara dengan dokter mengenai berhenti memakai obat yang dapat menyebabkan PN. PN yang diakibatkan obat biasanya hilang total jika obat penyebab dihentikan segera setelah PN dialami, tetapi dapat membutuhkan hingga delapan minggu. Namun jika obat tersebut tetap dipakai, kerusakan pada saraf dapat menjadi permanen.

Terapi Non-Obat: Beberapa hal sederhana dapat mengurangi rasa sakit PN:

Sebuah penelitian baru menunjukkan manfaat menghisap mariyuana untuk meringankan rasa nyeri akibat PN.

Terapi Obat: Belum ada obat yang disetujui untuk memperbaiki kerusakan pada saraf. Beberapa dokter memakai obat yang dikembangkan untuk mengobati serangan, misalnya gabapentin atau fenitoin. Antidepresan, misalnya amitriptilin, mungkin membantu. L-asetil-karnitin (juga disebut asetil-l-karnitin atau asetil karnitin) sudah menunjukkan hasil awal yang baik.

Pengobatan tergantung pada beratnya gejala PN:

Obat lain yang sedang ditelitikan untuk PN termasuk tempelan untuk mengobati di tempat. Tempelan ini mengandung lidokain (obat bius), atau capsaicin, senyawa kimia yang membuat cabe pedas (koyo cabe).

Terapi Gizi: Terapi gizi ditelitikan untuk PN yang disebabkan oleh diabetes:

Magnet: Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa kaos kaki yang mengandung magnet dapat meringankan neuropati terkait diabetes. Namun, magnet ini tidak sama efektif untuk rasa nyeri pada kaki dengan akibat lain.

Garis Dasar

Neuropati perifer (PN) adalah penyakit susunan saraf. PN menyebabkan perasaan yang aneh, terutama pada kaki dan jari, dan dapat menyebabkan rasa nyeri. Rasa nyeri ini dapat ringan, atau begitu berat sehingga menghambat berjalan kaki.

Segera periksa ke dokter jika ada tanda PN. Kemungkinan kita harus segera berhenti memakai obat yang dapat mengakibatkan PN. Jika ini tidak menyelesaikan masalah, mungkin kita harus dites untuk menentukan apa penyebab PN. Ada pengobatan berbeda untuk PN dengan penyebab berbeda.

PN disebabkan oleh d4T umumnya dapat dipulihkan dengan menggantinya dengan NRTI lain; bila kita memakai d4T karena mengalami anemia sebagai efek samping AZT, biasanya kita dapat memakai AZT kembali bila jumlah CD4 sudah meningkat di atas 200 dan Hb sudah normal.

Obat dapat meringankan rasa nyeri (sakit) akibat PN. Beberapa terapi gizi dapat membantu memperbaiki kerusakan pada saraf.

Ditinjau 7 Februari 2014 berdasarkan FS 555 The AIDS InfoNet 4 Februari 2014