info@spiritia.or.id | (021) 2123-0242, (021) 2123-0243
Ikuti kami | Bahasa

Detail Informasi

Cara Tepat Menjelaskan tentang HIV/AIDS kepada Anak

23 November 2021 Referensi

Orang tua patut hati-hati dalam menjelaskan HIV/AIDS kepada anak. Ada cara khusus untuk memberitahukannya agar tidak salah kaprah.

Bicara pada anak soal dasar-dasar gaya hidup sehat bisa dibilang merupakan hal yang tidak sulit. Karena, selain tidak mengandung unsur “sensitif”, hal tersebut dapat dipraktikkan dengan mudah sehingga si Kecil lebih cepat memahaminya.

Lantas, bagaimana jika Anda ingin menjelaskan soal HIV dan AIDS kepada anak? Apakah mudah layaknya mendiskusikan tentang gaya hidup sehat? Tentu, jawabannya adalah tidak. Membicarakan HIV/AIDS kepada anak kerap dianggap tabu oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Pasalnya, HIV/AIDS sangat identik dengan perilaku seks bebas dan menyimpang. Sehingga, Anda pun kebingungan bagaimana cara terbaik untuk memberitahukan si Kecil agar tidak gagal paham soal penyakit menular dan berbahaya tersebut.

Kiat Menjelaskan HIV/AIDS pada Anak

Terkait hal itu, dr. Dyan Mega Indrawati mengatakan bahwa orang tua memang perlu menjelaskan tentang HIV/AIDS apabila si Kecil sudah masuk ke usia sekolah. Pasalnya, anak usia tersebut memiliki risiko yang cukup tinggi untuk “salah gaul”, yang pada akhirnya bisa membawa mereka pada penyakit HIV/AID.

Nah, supaya tidak salah kaprah dan penyampaian tentang HIV/AIDS pada anak bisa tepat sasaran, dr. Ega menyarankan cara-cara sebagai berikut: