info@spiritia.or.id | (021) 2123-0242/43, (021) 2123-0595
Ikuti kami | Bahasa

Detail Blog

Mati Muda Bukan Berarti HIV

23 Februari 2020, 340 kali dilihat Blog

Banyak sekali orang yang berpikiran bahwa kematian selalu disebabkan oleh penyakit, Padahal kematian sendiri adalah sebuah keniscayaan bagi semua yang hidup

Tulisan ini bukan membahas soal kematian, namun perlu diluruskan bahwa setiap kematian tidak hanya ditimbulkan oleh penyakit, seperti yang kita ketahui bersama masih banyak yang menghakimi bahwa kematian selalu berawal dari suatu penyakit yang kronis bahkan penyakit lainnya seperti misalnya Virus HIV, apalagi kalau yang meninggal adalah anak muda dan dalam kondisi fisik yang menurun, orang lain seringkali mengira bahwa anak muda tersebut meninggal karena virus HIV, apalagi kalau anak muda tersebut semasa hidupnya dekat dengan perilaku berisiko, penghakiman itu akan semakin melekat.

Itu sebebnya diseminasi informasi terkait HIV harus komprehensif sampai dengan lapisan yang paling bawah, sehingga stigma tentang kematian yang disebabkan oleh virus HIV akan berkurang, bisa saja kematian itu disebabkan oleh penyakit lainnya.

Pertama yang harus kita lakuin adalah dengan cara "jangan cuek", artinya adalah mulailah membaca buku tentang informasi HIV, atau bertanya kepada orang yang lebih paham isu HIV, lalu mulailah berteman dan banyak tanya kepada orang atau petugas lapangan soal virus HIV, serta mulai berjejaring dengan lembaga atau organisasi dengan program HIV.

Selain itu juga informasi dasar terkait HIV AIDS, sangat dibutuhkan oleh semua orang, karena HIV tidak hanya menyerang satu golongan saja, virus HIV dapat menyerang siapa saja, dari kalangan dan latar belakang yang berbeda-beda.

Maka dari itu, mari kita mulai gerakkan hidup sehat bukan hanya pada diri kita sendiri, tapi mulailah peduli kepada kesehatan keluarga, orang terdekat dan pasangan kita. Berikan informasi seputar kesehatan HIV AIDS secara benar.

Penulis - Hendra Sobarna