info@spiritia.or.id | (021) 2123-0242/43, (021) 2123-0595
Ikuti kami | Bahasa

Detail Blog

Suplemen seng tidak memperbaiki diare terkait HIV pada orang dewasa

19 September 2019, 176 kali dilihat Berita

Laporan dari tim peneliti internasional menyatakan bahwa pengobatan selama dua minggu dengan 50mg seng dua kali sehari tidak mengurangi atau menghilangkan diare pada orang dewasa terinfeksi HIV.

Penulis menjelaskan bahwa suplemen seng telah disarankan untuk mengurangi kejadian serta keparahan diare pada anak-anak, tetapi tidak jelas apakah seng meringankan diare pada orang dewasa terinfeksi HIV.

Dr. King K. Holmes dari Universitas Washington, Seattle beserta rekan menyelidiki kemungkinan apakah tambahan seng (50mg dua kali sehari selama dua minggu) dapat mempengaruhi kelanjutan atau keparahan diare pada 159 orang dewasa terinfeksi HIV di Peru yang mengalami diare paling sedikit tujuh hari. Penemuan ini dilaporkan dalam Journal of Acquired Immune Deficiency Syndromes edisi Oktober 2006.

Penulis melaporkan bahwa dibandingkan dengan pemberian plasebo, suplemen seng tidak mengurangi frekwensi diare. Gejala lambung-usus lain dan demam muncul dengan frekwensi yang serupa pada kedua kelompok.

Para peneliti berpendapat bahwa, “Pengobatan yang lebih lama atau pemantauan lebih dari dua minggu telah menunjukkan manfaat. Akan tetapi manfaat suplemen seng terhadap diare pada anak-anak menjadi nyata setelah hari ke empat pemberian suplemen seng.”

“Penelitian mendatang tentang diare terkait HIV pada orang dewasa di negara berkembang harus menilai intervensi antimikroba yang berpotensi lebih efektif agar mendasari pedoman untuk algoritme pengobatan antimikroba empiris,” demikian disimpulkan oleh penulis.

Ringkasan: Zinc Supplements Don’t Improve HIV-Related Diarrhea in Adults

Sumber: J Acquir Immune Defic Syndr 2006;43:197-201.